Hmmm, lama juga ya ga nulis di sini.

Nulis ah.

Oke. Detik ini, mood sedang super ga karuan. Mau senyum aja susahnyaaaaaaa. Padahal udah dijemput si Mas tercinta di perjalanan mudik tadi.

Astaga. Ini sejak dua hari lalu ya, salah aja rasanya semua-semua. Lagi sibuk kerja, aku sebel. Dijemput susah-susah, aku cemberut. Pada ngumpulin jatah kerjaan, aku sebel (tugas ngedit terakhir). Mau les sebel. Sampe rumah pada pergi, makin sebel. Apa-apaan nih aku ?????

Mau senyum tuh yaaaaa, ni bibir kaya ada zipper-nya. Sebel sama segala hal. Pengen nangis aja.πŸ˜₯πŸ˜₯πŸ˜₯

T_T

T_T

Kemaren ngecek kalender, harusnya tanggal 21 oktober siklus-ku dimulai. Apa gara-gara mau mens ya jadi ga karuan gini.

Emang ada hubungannya ? Bisa aja. Itu lho, orang bilang kalo mau mens, trus jadi suka marah-marah –> PMS (Pre Menstrual Syndrome).

Apa sih PMS tuh ? PMS itu bukan penyakit, tapi lebih tepatnya sekumpulan gejala yang ada hubungannya sama siklus menstruasi. Gejalanya berupa gangguan emosi, fisik, psikologi & mood yang digabung jadi satu. Nah lo. Hahaha.

PMS ini biasanya muncul 7-10 hari menjelang siklus mens dimulai, trus ilang waktu mens-nya mulai. PMS bisa terjadi pada semua wanita di semua usia lho, ga cuma kita-kita yang masih muda aja, kecuali pada wanita hamil n menopause cz mereka kan udah n sedang ga menstruasi. Efeknya di tiap orang juga beda-beda.

Gejalanya apa aja ? Biasa yang paling terasa tuh gejala fisik & perubahan mood yah.

Kalo gejala fisik biasanya payudara terasa nyeri, jerawat-jerawat bermunculan, kembung, capeeek banget badan tuh rasanya, trus gangguan tidur juga (jadi pengen tidur terus ato malah jadi susah tidur), berat badannya nambah karena mungkin selama PMS tuh rasanya jadi pengen makan terus & ngidam makanan tertentu.

Perubahan mood sih biasanya jadi mendadak sedih, sebel, gampang marah, depresi, gelisah, tertekan, & gampang nangis.

Gejala-gejala ini, sekali lagi, beda-beda di tiap orang. Jadi ada orang yang kalo PMS cuma sebel-sebel aja dikit sama mendadak jerawatan, ada juga yang rasanya sediiiih n pengen nangis aja gitu tanpa sebab yang jelas.πŸ™‚

Penyebabnya apa sih ? Sebab tepatnya belom diketahui, ada beberapa teori sih tapi belom terbukti juga, tapi secara umum waktu PMS ini ada perubahan jumlah hormon seks & neurotransmitter otak yang bikin gejala-gejala fisik n emosi tadi muncul.

Gimana kita tau kalo kita sedang PMS ? Cara paling mudah adalah dengan bikin buku harian menstrual. Semacem catetan harian tentang perubahan fisik n emosi selama sebulan. Kalo ternyata dari bulan ke bulan tuh perubahan fisik n emosi kaya gejala-gejala yang udah disebutin tadi konsisten terjadi sekitar 7-10 hari menjelang menstruasi dan ilang waktu mens dimulai, bisa jadi kita sedang PMS.

Gejala-gejala PMS ini bisa ringan (ga terlalu mengganggu aktivitas, bisa diatasi tanpa obat), tapi bisa juga berat (sampe butuh obat untuk mengatasi gejala yang terasa karena mengganggu aktivitas sehari-hari). Kalo ringan sih mungkin dimaklumin aja ya gurls, oh lagi PMS nih banyakin kegiatan n olahraga biar jadi ga terlalu terasa, perbaiki mood dengan kumpul sama orang-orang terkasih (hang out, ngobrol-ngobrol) atau lakukan aja apa yang disukai (yang positif pastinya), dan jaga pola makan juga (jangan konsumsi garam, gula, dan kafein berlebihan). Pokoknya dibawa asik aja, kaya hari-hari biasanya.

Nah, kalo yang gejalanya berat, mungkin perlu ke dokter yah buat diperiksa seberapa berat gejalanya, ada penyakit lain yang bikin gejala makin berat atau tidak. Lalu biar dipilihin obat sama Apoteker untuk mengatasi atau mengurangi gejala.πŸ™‚

Hehe

PMS ini saya ya mungkin. Sensi beneeeeer n (maaf) payudara rasanya agak nyeri, tapi siklusnya belom mulai. huwooh. Sampe bikin si Mas bingung karena sebentar biasa aja, sebentar sedih pengen nangis, sebentar sebel. =b

Senyum yuk ah, bosen cemberut.

Hmmm, jadi pengen creambath.

 

 

Sumber :Β http://www.medicinenet.com/premenstrual_syndrome/article.htm

About Yoan

Skeptis, gampang terpengaruh, pemimpi, love to sing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s